Tuesday, February 1, 2022

APLIKASI PENGOLAHAN KATA (MICROSOFT WORD)

 PENGELOLAAN DATA OFFICE

        APLIKASI PENGOLAHAN KATA (MICROSOFT WORD)

Aplikasi pengolah kata sangat familiar dikalangan para pengguna komputer. Perangkat ini sangat penting dan sering digunakan ketika akan bekerja dilingkungan kantor maupun pembuatan tugas pembelajaran. Fungsi dari perangkat lunak (software) pengolah kata ini adalah untuk membuat surat, membuat tabel, word art, menyisipkan gambar dan membuat dokumen lain. Sedangkan perangkat keras  (hardware) utama dalam yang digunakan dalam aplikasi microsoft word adalah perangkat keyboard. Adapun jenis tombol-tombol pada keyboard sebagai berikut :

1.      Numeric key : tombol-tombol untuk memasukkan nilai numerik dari angka 0-9

2.      Alphabet key : tombol alphabet dari A sampai Z

3.     Typerwriter key : tombol yang digunakan untuk memudahkan proses pengetikan sperti Caps, Del, Esc, End, Enter, Home, Insert, PrtScn.

4.      Function key : jenis tombol dari F1 sampai F12

5.   Special function key : tombol yang dapat bekerja dengan kombinasi dua tombol atau lebih. Contoh : CTRL + C digunakan untuk menyalin teks

Banyak versi dari microsoft word, yang sebagian dari kalian mengetahui versi-versi tersebut. Versi – versi tersebut adalah versi 1.0 versi 2.0 sampai versi 6.0 untuk versi DOS, microsoft word ’95 , microsoft word ’97 , microsoft word 2000, microsoft word 2002, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010, microsoft word 2013 dan word 2016. Dan yang akan kita pelajari saat ini adalah microsoft word 2016. Mari kita ulas pembahasannya di materi selanjutnya.

APA YANG BARU DI WORD 2016?

       Word 2016 untuk Windows memiliki semua fungsi dan fitur yang biasa Anda gunakan di versi sebelumnya, dengan beberapa peningkatan dan fitur baru yang lebih baik. Berikut ini dibahas fitur-fitur baru yang akan Anda jumpai pada Microsoft Word 2016. MS Word 2016 memang beda, keistimewaan MS Word 2016 adalah antarmuka berorientasi hasil (result oriented interface) yang disebut sebagai Ribbon (Tyson 2007). Berikut adalah antarmuka dari microsoft word 2016.

        FITUR-FITUR MICROSOFT WORD


Penjelasan dari nomer-nomer fitur tersebut antara lain :

No

Fitur

Kegunaan

1

Ruler

Membantu dalam menentukan margin, spasi baris, dan letak kalimat dalam dokumen serta mengatur posisi layout pencetakan

2

Quick Access Toolbar

Terdiri atas menu atau ikon menu untuk menjalankan beragam fitur dengan cepat.

3

Title Bar

Menampilkan judul program dan dokumen.

4

Ribbon

Terdiri atas ikon-ikon menu yang diorganisasikan ke dalam tabs, groups, dan commands.

5

Group Ribbon

Kelompok fitur dalam tab ribbon dengan kategori tertentu, seperti dalam ribbon home memiliki fitur pengaturan font, numbered, order list dan lainnya

6

Program Window Controls

 

Tombol ini memungkinkan Anda mengendalikan penampilan jendela aplikasi. Anda dapat menyembunyikan atau menampilkan Ribbon, meminimisasi, memaksimalkan, menutup dan merestore jendela aplikasi.

7

Scroll Bar

Untuk menggeser dokumen ke atas atau kebawah

8

Zoom Controls

Untuk mengubah skala/ ukuran bagaimana dokumen Anda ditampilkan di layar. Ukuran yang sebenarnya tetap.

9

View Shortcuts

 

Terdiri atas ikon-ikon untuk mengganti cara menampilkan dokumen Anda.

10

Word Count

Memberikan informasi jumlah word atau kata yang sudah diketik dalam dokumen

11

Page Number

Memberikan informasi tentang posisi halaman dokumen dalam jumlah total halaman (page)

12

Area Documen

 

Area dimana Anda mengetik dokumen. Garis vertikal berkedip disebut sebagai insertion point yang menandai lokasi dimana apa yang Anda ketikkan akan muncul.


A.       PEMAHAMAN MENGENAI PARAGRAF

Paragraf merupakan sekumpulan kalimat yang disusun dengan baik dan berkaitan satu sama lain yang menggambarkan ide atau pokok pikiran yang disampaikan dalam bentuk kata-kata. Jenis paragraf dari jenis pokok pikiran yang diuraikan ada beberapa macam, antara lain :

a.       Paragraf Deskriptif

    Paragraf ini digunakan untuk mengilustrasikan gambaran sebuah objek, lokasi atau sebuah keadaan, meransang panca indera pembaca untuk mengikuti alur cerita dalam paragraf, dan sering ditemukan kata-kata yang mengandung kata sifat. Jenis paragraf deskriptif dibagi menjadi 3 yaitu :

1.      Spatial : lebih menggambarkan tentang objek tertentu seperti ruangan, kamar atau lokasi tertentu seperti objek wisata

2.      Subjektif : perkiraan atau tafsiran atau pendapat yang cenderung melibatkan perasaan penulis tentang objek tertentu

3.      Objektif :  uraian tentang sebuah objek yang diungkapkan apa adanya sehingga mampu membawa pembaca seperti dalam keadaan sebenarnya

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi:

·         Menggambarkan atau melukiskan suatu objek seperti benda, tempat, atau suasana tertentu.

·         Melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan).

·         Menjelaskan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti warna, ukuran, bentuk, dan kepribadian secara terperinci.

·         Banyak ditemukan kata-kata atau frase yang bermakna keadaan atau kata sifat.

b.      Paragraf Argumentativ/Argumentasi

    Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk menyakitkan, atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

·         Berisi pendapat, pandangan, atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.

·         Memiliki data-data faktual yang digunakan untuk meyakinkan pembaca.

·         Menjabarkan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.

·         Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

c.       Paragraf Naratif

Pengertian paragraf naratif adalah jenis karangan yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kejadian atau peristiwa. Paragraf naratif merupakan paragraf yang berisi tentang pemaparan suatu kejadian yang dirangkai dalam kesatuan waktu.

Ciri-ciri Paragraf Naratif

·         Ada tokoh, tempat, waktu, dan suasana yang diceritakan

·         Mementingkan urutan waktu maupun urutan peristiwa

·         Tidak hanya terdapat dalam karya fiksi (cerpen, novel, roman) tetapi juga terdapat dalam tulisan nonfiksi (biografi, cerita nyata dalam surat kabar, sejarah, riwayat perjalanan).

d.      Paragraf Persuasif

    Paragraf persuasif adalah paragraf yang isinya berusaha untuk merebut perhatian pembaca. Paragraf ini disajikan secara menarik, meyakinkan mereka bahwa pengalaman yang disiratkan itu merupakan suatu hal yang amat penting. Karena itu, terkadang paragraf persuasi sering digunakan sebagai paragraf propaganda oleh lembaga kesehatan, pemerintah, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasif

·         Penulis memahami bahwa pendirian dan pemahaman pembaca dapat diubah.

·         Berusaha menjelaskan dan menarik kepercayaan pembaca

·    Berusaha menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dengan pembaca.


   PENGATURAN PARAGRAF

Untuk mengatur sebuah paragraf pada Microsoft Word  yaitu denga memilih tab Home  kemudian lihat grup ribbon paragraf  . Berikut terdapat gambar dan penjelasan masing-masing icon.

Dari gambar tersebut berikut penjelasan masing-masing nomer yang mewakili icon :

  1. Bullets : membuat urutan list dengan simbol list tertentu yaitu berbentuk lingkaran bulat hitam, tanda centanfg, kubus dan lainnya.
  2. Numbering : membuat urutan list dengan penomoran yaitu angka, alfabet, angka romawi dan lainnya.
  3. Multilevel List : membuat urutan list dengan penomoran secara bertingkat
  4. Decrease Indent :mengurangi settingan indent pada dokumen sehingga bergeser kekiri
  5. Increase Indent :menambah settingan indent pada dokumen sehingga bergeser kekanan
  6. Sort : mengatur pengurutan kalimat berdasarkan urutan alfabet
  7. Show/Hide : menandai paragraf tertentu
  8. Align Left (Ctrl +L) : mengatur allignment paragraf agar rata kiri
  9. Center (Ctrl +E) : mengatur allignment paragraf agar berada ditengah
  10. Align Right (Ctrl +R) : mengatur allignment paragraf agar rata kanan
  11. Justify (Ctrl +J) : mengatur allignment paragraf agar secara otomatis menyesuaikan dengan lebar dokumen
  12. Line & Paragraph Spacing : mengatur jarak spasi antar baris
  13. Shading : memberikan warna background pada paragraf atau kalimat yang d block
  14. Border Setting : mengatur border dalam sebuah paragraf yang bisa di atur border atas, bawah, kanan dan kiri.
  15. Paragraph: ketika icon diklik maka akan tampil jendel dialog tentang konfigurasi pengaturan paragraf dalam dokumen.
PENGATURAN FONT 

    Untuk mengatur font pada Microsoft Word  yaitu dengan memilih tab Home  kemudian lihat grup ribbon font  . Berikut terdapat gambar dan penjelasan masing-masing icon.


Dari gambar tersebut berikut penjelasan masing-masing nomer yang mewakili icon :

  1. Font : mengatur jenis atau gaya tulisan, bisa dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + F
  2. Font Size : menentukan besar ukuran font atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + P
  3. Increase Font Size : menambah ukuran huruf atau dengan menekan tombol  Ctrl + >
  4. Decrease Font Size :mengurangi ukuran huruf atau dengan menekan tombol  Ctrl + <
  5. Change Case :mengatur format penulisan kalimat yaitu Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Capital Each Word, dan tOGGle cASE
  6. Bold :  mencetak huruf tebal , dengan menekan tombol Ctrl + B
  7. Italic : mencetak huruf miring , dengan menekan tombol Ctrl + I
  8. Underline : mencetak huruf bergaris bawah , dengan menekan tombol Ctrl + U
  9. Font Color : mengatur warna font
Berikut yang perlu Anda perhatikan, antara lain :
  1. Membuat dokumen baru yaitu dengan cara memilih File-New
  2. Membuka dokumen yang terlah dibuat sebelumnya yaitu dengan cara memilih File -Open
  3. Menyimpan dokumen dan memperharui penyimpanan dokumen yaitu dengan cara memilih File - Save 
  4. Menyimpan file baru atau menyimpan file yang sudah ada di lokasi baru dengan nama yang sama atau dengan nama yang berbeda yaitu dengan cara memilih File - Save as
  5. Mencetak dokumen yaitu dengan cara memilih File-Print


EmoticonEmoticon

Popular Posts